Instagram :)

Dampak Dan Bahaya Penggunaan Ganja

Posted by

               Ganja (Cannabis sativa syn. Cannabis indica) adalah tumbuhan budidaya penghasil serat, namun lebih dikenal karena kandungan zat narkotika pada bijinya, tetrahidrokanabinol (THC, tetra-hydro-cannabinol) yang dapat membuat pemakainya mengalami euforia (rasa senang yang berkepanjangan tanpa sebab). Tanaman ganja biasanya dibuat menjadi rokok mariyuana. Tumbuhan ganja telah dikenal manusia sejak lama dan digunakan sebagai bahan pembuat kantung karena serat yang dihasilkannya kuat. Biji ganja juga digunakan sebagai sumber minyak.

Tanaman Ganja
kandungan-kandungan penting lain dari minyak biji ganja sebagai berikut:
ß-Sitosterol (ditemukan dalam jumlah 100-148 g/L) yang bermanfaat mengurangi hiperkolesterolemia (mengurangi penyerapan kolesterol), berfungi anti virus, anti fungal dan anti inflammatory (Malini & Vanithakumari.1990). y-Tocopherols, merupakan zat anti oksidan yang efektif sebagai perlindungan terhadap berbagai macam kanker dan penyakit jantung koroner (Wolf, 1997). Terpenes yang terdiri dari dua jenis, ß-caryophyllene (ditemukan dalam jumlah 740 mg/L) yang bermanfaat sebagai zat anti inflammatory yang berfungsi sebagai cytoprotective (melindungi sel) serta mercene (ditemukan dalam jumlah 160 mg/L) yang merupakan zat anti oksidan. Minyak metil salisilat (oil of wintergreen), keluarga dari senyawa acetylsalicylic acid yang merupakan bahan utama obat aspirin. Metil salisilat ini melalui proses hidrolisis sederhana oleh tubuh dapat dirubah menjadi acetylsalicylic acid yang bermanfaat sebagai antipiretik, anti inflammatory dan analgesik (penghilang rasa sakit) seta bermanfaat mengurangi resiko serangan jantung, stroke dan kanker.
Apa saja dampak langsung dari ganja?
Ganja mempengaruhi penggunanya dengan cara berbeda. beberapa orang mengalami reaksi lebih kuat dari yang lain. Reaksi paling umum yang ditimbukan oleh ganja adalah kejang-kejang dan mabuk. Ada beberapa efek lain seperti : paranoid, muntah-muntah, kehilangan koordinasi, kebingungan, meningkatkan nafsu makan, mata merah, dan halunasi.
Apa saja dampak jangka panjang dari ganja?
Penelitian telah menunjukan bahwa ada beberapa dampak yang lebih serius jika ganja dikonsumsi secara rutin, Beberapa efek diantaranya sebagai berikut:
  1. Beresiko tinggi terhadap bronkitis, kanker paru-paru dan gangguan pernapasan (ganja berdampak dua kali lebih berat daripada tar dari rokok).
  2. Kehilangan minat untuk melakukan aktivitas, kehilangan tenaga, kebosanan.
  3. Menggangu daya ingat jangka pendek, pemikiran logis dan koordinasi.
  4. Mengurangi jumlah sperma/periode menstruasi yang tidak teratur.
  5. Merusak sistem kekebalan tubuh.


Blog, Updated at: 5:05 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Informatics. Powered by Blogger.

Followers